Kamis, 15 Mei 2014

Hewan - hewan Transparan Di Dunia

1. Katak Transparan

Satu lagi keunikan dari 
binatang yang akan membuat anda takjub. Ini disebut juga katak Fleischmann Glass yang memiliki tubuh transparan sebagai bentuk mekanisme pertahanannya untuk menghindari predator yang akan melihat katak ini tidak terlihat. Katak Fleischmann Glass memiliki daging transparan sehingga anda satap melihat organ tubuhnya seperti usus, jantung dan pembuluh darahnya.
















Seorang fotografer Thomas Marent berhasil mengambil foto dari katak ini di cagar alam di Choco, Kolombia. Marent, dari Baden, Swiss, mengatakan bahwa katak kembali ke telur secara teratur untuk menambahkan lapisan pelindung lendir, yang membuat mereka basah dan melindungi terhadap jamur dan parasit. Keren kan ??

2. Kupu-kupu Sayap Transparan



Kupu-kupu Glasswing atau kupu-kupu Frosty-Tipped Clearwingmerupakan jenis kupu-kupu yang mempunyai sayap transparan seperti kaca. Kupu-kupu dengan lebar sayap antara 2.2 - 2.4 inci (5.6 - 6.1 cm) ini dapat ditemui dari Meksiko hingga Panama di Amerika Tengah.

Klasifikasi Kupu-kupu bersayap transparan (Greta oto)
Kingdom Animalia C. Linnaeus, 1758 - animals
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 - arthropods
Class Insecta C. Linnaeus, 1758 - insects
Order Lepidoptera C. Linnaeus, 1758 – butterflies and moths
Superfamily Papilionoidea P.A. Latreille, 1802
Family Nymphalidae Rafinesque, 1815 - Brushfoots
Subfamily Danainae Boisduval, 1833 - milkweed butterflies
Tribe Ithomiini Godman & Salvin, 1879
Genus Greta Hemming, 1934
Species Greta oto (Hewitson, 1854)

3 . Udang Transparan


Dasar goa merupakan salah satu lokasi tergelap di planet bumi - bahkan sumber cahaya yang bagus pun tidak berarti apa-apa di sini. Dalam kondisi inilah makhluk-makhluk seperti ikan, laba-laba, serangga, dan udang karang mentransformasikan dirinya menjadi transparan. Dalam kondisi tertentu mereka tidak butuh mata atau pigmentasi.

4. Timun Laut Transparan



Timun laut (sea cucumber), makhluk turunan jaman purba ini bergerak dengan lambat, tubuhnya lunak menghuni di air dalam, berevolusi dalam rangka bertahan hidup dan berkembang biak. Bagi beberapa timun laut, menjadi transparan akan membuat mereka tidak terlihat bagi predatornya.

5. Ikan Es


Ditemukan di perairan dingin dekat Antartika dan Amerika Selatan bagian selatan, ikan es buaya (Channichthyidae) ini memangsa udang-udang kecil, copepods, dan ikan-ikan lainnya. Darah mereka transparan disebabkan mereka tidak memiliki hemoglobin dan/atau hanya sel darah merah yang tidak berfungsi. Metabolisme bergantung hanya pada oksigen yang terlarut dalam darah, yang dipercaya diserap langsung melalui kulit dari air. Hal ini terjadi karena air dapat melarutkan paling banyak oksigen di suhu terdinginnya.

6. Amphipod


Dinamakan Phronima, hewan unik ini merupakan satu dari banyak spesies aneh yang belakangan ditemukan dalam sebuah ekspedisi di gunung bawah laut di Atlantik Utara. Dalam suatu strategi yang ironik untuk bertahan hidup, makhluk mirip udang ini memperlihatkan semua yang dimilikinya, luar dalam, dengan maksud menyembunyikan sosoknya.

7. Cumi


8. Siphonophora


Siphonophores masuk ke dalam Cnidaria, kelompok hewan yang termasuk di dalamnya koral (karang), hydroid, dan ubur-ubur. Marrus orthocanna, jenis sphonophores di kedalaman laut. Kombinasi sstem pencernaan dan peredaran darahnya berwarna merah; sedangkan lainnya transparan.

9. Kepala Ramping



Leptocephalus (yang berarti "kepala ramping") adalah larva transparan dan pipih dari belut laut, dan salah satu anggota dari Elopomorpha superorder. Ini adalah kelompok teleosts yang paling beragam, mengandung 801 spesies, 24orde, 24 family, dan 156 genera. Ikan-ikan yang memiliki tahap larva leptocephalus antara lain adalah Conger, belut moray, belut taman, dan belut air tawar dari family Anguillidae. Semua Leptocephali (leptocephalus tunggal) memiliki tubuh yang rata yang mengandung zat transparan seperti jellyt di dalam tubuh dan lapisan tipis otot dengan myomeres terlihat dari luar. Organ tubuh mereka kecil dan mereka hanya memiliki tabung sederhana untuk usus. Kombinasi fitur-fitur ini mengakibatkan mereka menjadi sangat transparan ketika mereka hidup. Mereka juga kekurangan sel darah merah sampai mereka mulai bermetamorfosis menjadi tahap belut kaca (glass eel) remaja ketika mereka mulai terlihat seperti belut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar